Deepfake Tak Bisa Dihentikan, Teknologi Paling Berbahaya Saat Ini?

admin
Read Time1 Minute, 21 Seconds

 

Deepfake Tak Bisa Dihentikan, Teknologi Paling Berbahaya Saat Ini?

Konten berbasis deepfake, atau pengubah wajah berbasis kecerdasan buatan, kini makin banyak beredar.

Terbukti dari viralnya berbagai konten tersebut, mulai dari klip Barack Obama yang ‘didubbing’ oleh komedian Jordan Peele, Jon Snow dari Game of Thrones yang meminta maaf soal ending Season 8 acara televisi tersebut, hingga video Mark Zuckerberg yang mengajak penonton membayangkan bagaimana kalau ia menguasai dunia.

Memang, semua ini nampak sebagai konten hiburan semata dan tidak berbahaya. Namun, perhatian soal bagaimana mudahnya sebuah video dimanipulasi lewat kecerdasan buatan jadi masalah yang serius. Dalam kasus ekstrem, informasi yang salah bisa merusak reputasi seseorang.

Buruknya, teknologi ini tak bisa dibendung dan akan makin marak. Bahkan, kita tak bisa berbuat apa-apa akan hal ini.

“Dari sudut pandang teknologi, kita tak bisa berbuat apa-apa,” ungkap Ali Farhadi, senior riset manager dari Allen Institute for Artificial Intellegence. “Teknologinya sudah ada, dan orang-orang bisa menggunakannya dengan berbagai cara yang ia bisa,” lanjutnya.

Tak bisa dimungkiri, deepfake adalah teknologi paling berbahaya saat ini. Hal ini mengingat kekuatannya untuk memanipulasi informasi dari platform yang nampak masuk akal.

Sulit Dibendung

Disebut, hampir tidak mungkin untuk mencegah sebuah video deepfake dibuat. Lebih lanjut, tidak ada cara pula untuk mencegah sebuah video deepfake untuk menyebar di media sosial dan platform lainnya.

Bahkan, memblokir teknologi ini bukanlah solusi. Pasalnya, permasalahan deepfake bukanlah teknologinya, namun penggunaannya.

“Informasi yang salah masih bisa muncul meski videonya 100 persen benar, jadi, perhatiannya adalah soal informasi yang salah, bukan teknologi yang membuat video tersebut ada,” ungkap Maneesh Agrawala, profesor ilmu komputer dan direktur dari Brown Institute for Media Innovation di Stanford University, melansir Tech Insider.

BandarQ | Agen Domino | Domino 99 | Agen BandarQ | Situs Judi Online Terpercaya

 

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Deddy Corbuzier Pamer Mobil Baru, Sandiaga Uno Tertawa dan Tulis Jawaban Menohok

Deddy Corbuzier belum lama ini membeli sebuah mobil baru. Deddy membeli mobil Tesla yang dikenal dengan mobil listriknya. Mobil Tesla milik Deddy Corbuzier merupakan Tesla model 3. Mobil ini merupakan mobil listrik super canggih. Maka tak heran jika harga mobil ini sampai miliaran. Deddy Corbuzier pun memamerkan mobil barunya tersebut […]

LINK ALT

www.doktercapsa.com
1
Butuh Bantuan ?
Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by