Intip Penelusuran Jalan Menuju Ibu Kota Baru di Penajam Paser Utara

admin
Read Time2 Minutes, 1 Second

Menelusuri perjalanan menuju ibu kota baru di Penajam Paser Utara. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

Belum terlihat adanya pembangunan yang menandakan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur adalah lokaskli Ibu Kota Negara yang baru. Kawasan inilah Istana negara akan dibangun. Di sini pula akan dibangun pusat pemerintahan.

Pada Selasa (17/12/2019), Suara.com bersama rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan mengunjungi Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

Kami menumpang kendaran Toyota Hiace berwarna putih. Ternyata medan yang dilewati sangat terjal. Konturnya tanahnya berupa perbukitan dengan jalan yang berbelok-belok.

Saat kami tiba, gerimis turun. Namun itu tak menyurutkan langkah kami untuk menuju lokasi Ibu Kota Negara.

Sayangnya, kontur tanah merah yang terkena hujan membuat jalanan semakin licin.

Mobil kami pun tidak sempat melanjutkan perjalanan karena kondisi jalanan yang tidak memungkinkan untuk dilalui.

Bahkan salah satu mobil hampir terperosok. Ternyata mobil tersebut berisikan

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung tampak tidak kuat menanjak Bukit Sudarmono.

Kondisi tersebut yang mengharuskan Erick Thohir dan para menteri yang berada di dalam mobil tersebut akhirnya harus turun dari mobil.

Tak lama sebuah mobil Hiace datang untuk menjemput dan mengantarkan para menteri menuju titik nol Istana Kepresidenan menyusul rombongan Jokowi.

Sementara itu mobil Jokowi bersama Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor terus melaju. Lantaran Jokowi menaiki mobil Toyota Land Cruiser berwarna hitam bertuliskan Indonesia 1.

Ketika menuju Bukit Sudarmono, medan semakin sulit. Terdapat tanjakan dan turunan yang ekstrim yang membuat para pengendara kesulitan melintas.

Salah satu supir Rudi menyebut kondisi hujan memang tidak bisa dilalui dengan mobil tipe tersebut.

“Kalau lagi hujan memang nggak bisa lewat dengan mobil seperti ini (Hiace),” kata Rudi.

Seusai mengunjungi titik nol Istana Kepresidenan, Jokowi menyampaikan bahwa kondisi pertanahan disukai para arsitek.

“Kalau arsitek atau urban planner diberi sebuah kawasan naik turun bukit pasti akan senang. Lihat saja nanti. Desainernya pasti akan senang sekali,” kata dia.

Jokowi juga menuturkan nantinya Istana Kepresidenan akan berada di puncak bukit di wilayah Sepaku, Penajam Paser Utara.

Sementara, kantor kementerian akan berada di sekitarnya.

Adapun kawasan tersebut merupakan bekas lahan konsesi Hutan Tanaman Industri atau HTI yang dikelola PT ITCI Hutani Manunggal.

“Di situ, tempat paling tinggi, kemudian Istananya juga di sekitar itu. Kementerian-kementerian juga di sekitar tadi kita berhenti,” ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan kawasan tersebut bukanlah kawasan hutan alam ataupun hutan lindung. Kawasan tersebut kata Jokowi adalah bekas kawasan hutan tanaman industri.

“Ini bukan hutan alam, apalagi kawasan hutan lindung. ini adalah kawasan hutan industri yang kita ambil dari perusahaan,” tutur dia.

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Susi Pudjiastuti Raih Penghargaan Tokoh Publik Paling Dikagumi

  METROMEDAN – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti mendapatkan penghargaan sebagai Most Admired Public Figure atau tokoh publik paling dikagumi dari Line Indonesia. Penghargaan itu diserahkan dalam acara Line Indonesia Awards 2019 yang diselenggarakan pada Selasa (17/12/2019) malam. Namun Susi tidak hadir, dia diwakili oleh Armand, cucunya […]

LINK ALT

www.doktercapsa.com
1
Butuh Bantuan ?
Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by