Bunga Rafflesia Terbesar Dunia di Agam Jadi Perhatian Banyak Negara

admin
Read Time1 Minute, 37 Seconds

Bunga Rafflesia Terbesar Dunia di Agam Jadi Perhatian Banyak Negara

 

METROMEDANBunga Rafflesia Tuan-mudae terbesar di dunia yang mekar di Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat mendapatkan perhatian dari media massa di 32 negara yang tersebar di lima benua.

Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Resor Agam, Ade Putra mengatakan, 32 negara itu seperti, Prancis, Amerika Serikat, Inggris, Arab Saudi, China, Malaysia, Australia, Luksemburg, India, Vietnam, Malaysia, Afrika Selatan dan lainnya.

“Berita bunga rafflesia itu dimuat oleh kantor berita negara tersebut dan media lokal. Bahkan kantor berita ketiga terbesar di dunia ikut memberitakan seperti, Kantor Berita Agence France-Presse (AFF) dan termasuk Daily Mail,” katanya sebagaimana dilansir Antara, Minggu (5/1).

Ia mengatakan, media di 32 negara yang memberitakan rafflesia ini diketahui dari teman yang sedang kuliah di Inggris memberitahukan bahwa berita Rafflesia Tuan-mudae di Agam, dimuat oleh media di negara itu.

Mendapat informasi tersebut, pihaknya mencari kata kunci biggest bloom: ‘World’s largest’ flower di pencarian google sehingga menemukan berita yang dimuat di berbagai media di dunia bahkan ada yang tidak diketahui bahasanya.

“Satu persatu media itu saya cari di wikipedia dan menemukan negara asalnya,” katanya.

Sebelumnya, memang ada wartawan dari Kantor Berita Agence France-Presse (AFF) yang menghubungi pihaknya pada Jumat (3/1).

Bunga yang dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistimnya itu mekar sempurna pada Rabu (1/1).

Berdasarkan hasil pengukuran bunga itu memiliki diameter 111 centimeter atau terbesar di dunia dan memecahkan rekor terbesar Bunga Rafflesia Tuan-mudae sebelumnya yang mekar di lokasi itu dengan diameter 107 centimeter pada 2017.

Saat itu, bunga tersebut merupakan yang terbesar di dunia dan ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Ahli dan Peneliti Tumbuhan Rafflesia Universitas Bengkulu Dr Agus Susatya.

Di lokasi itu, tambahnya pernah ditemukan sekitar 43 knop dan saat ini hanya tinggal lima knop karena sudah mekar.

“Hampir tiap bulan bunga itu mekar di lokasi yang merupakan Hutan Cagar Alam Maninjau. Keberadaan bunga itu ditemukan pertama oleh warga sekitar saat membersihkan saluran air pada 2017,” katanya.

Bandarq |Dominoqq | Agen Bandarq | Agen Dominoqq | Agen Poker Terpercaya |Bandar Domino Online

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Helikopter Jokowi Gagal Mendarat karena Cuaca Buruk

METROMEDAN – Helikopter yang ditumpangi Presiden Joko Widodo atau Jokowi gagal mendarat karena cuaca buruk. Helikopter Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto balik kanan atau batal mendarat di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat karena cuaca ekstrem. Pada Minggu pagi ada tiga unit helikopter yang […]

LINK ALT

www.doktercapsa.com
1
Butuh Bantuan ?
Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by